Selasa, 21 Desember 2010

Sabar Kunci Sukses Dalam Kehidupan

Menurut Al Ghazali, sabar adalah keharusan mena han diri dari syahwat dan berusaha terlepas dari penga ruhnya. Dari pengertian ini maka inti dari sabar adalah kerelaan menahan ajakan-ajakan nafsu yang cenderung unt uk tidak menerima segala sesuatu dengan sikap rela hati. Dari sinilah, sabar juga sering diartikan dengan rela me nerima segala cobaan dan penderitaan.
Sabar sering kali dihadapkan pada sesuatu yang te rasa menyakitkan di hati. Karena itulah sifat ini selalu ditengarahi sebagai obat penyembuh bagi seseorang yang merasakan kegelisahan, kemelaratan dan kesedihan. Adanya perintah sabar sesungguhnya dilatarbelakangi oleh sifat manusia yang cenderung menyikapi suatu musibah sebagai malapetaka yang tidak pernah sekalipun mereka meyakini bahwa musibah sebenarnya adalah sebentuk “perhatian” Al lah kepada kepadanya. Sikap demikian sebenarnya ingin di luruskan dengan sifat sabar, sehingga pada akhirnya manu sia dapat menyadari bahwa semua musibah, malapetaka, co baan dan sebagainya adalah merupakan rasa cinta-Nya kepa da manusia. Kalaupun itu siksa, berarti Tuhan telah me ngingatkan kepada manusia supaya mereka menjadi sadar. Dan bukankah hal ini berarti Tuhan memperhatikan sekali gus mencintai manusia?
Satu hal yang mesti disadari bahwa Allah mencin tai orang-orang yang sabar. Ya, Allah akan selalu berada dengan orang-orang yang sabar. Begitu cintanya Allah kepa da mereka, sampai-sampai kelak di hari kemudian Allah me nyiapkan sebuah tempat yang penuh dengan kenikmatan ber nama surga untuk mereka.
Nabi bersabda:
مَنْ اَنْعَمَ اللهُ عَلَيْهِ فَشَكَرَ وَابْتَلاَهُ فَصَبَرَ وَاَسَاءَ فَاسْتَغْفَرَ دَخَلَ الْجَنَّةَ مِنْ اَيِّ بَابٍ شَاءَ
“Barangsiapa yang dikaruniai nikmat oleh Allah lalu bersyukur, diuji oleh Allah lalu sabar, dan berbuat dosa lalu mohon maaf, maka ia akan masuk surga dari pin tu mana saja yang ia suka.”
 Sesungguhnya sabar adalah sebuah perintah yang diserukan oleh Allah kepada manusia. Dengan sabar diharap kan manusia bisa menjalani hidup dengan baik dan tabah se suai dengan jalan Allah. Namun begitu nyatanya banyak ma nusia yang kurang sabar dalam menyikapi berbagai peroalan hidup ini. Dan memang demikian, sabar adalah sebuah ungka pan kata yang sangat mudah dilafalkan, tetapi teramat su sah untuk dilakukan. Dalam Al Qur’an Allah menyerukan ten tang kesabaran sekaligus memberitahukan bahwa tidak semua orang bisa bersabar kecuali orang-orang tertentu saja, yakni orang yang khusyu’. Ini menunjukkan bahwa kesabaran memang berat. Namun begitu kita harus melakukan perintah sabar ini, sebab hanya dengan sabar kita bisa menjalani hidup dengan baik, di dunia lebih-lebih di akhirat kelak.
Lebih dari itu, sabar sesungguhnya adalah penyela mat. Sabar adalah sebuah tameng yang bisa membentengi di ri manusia dari segala macam godaan yang ada. Dengan sa bar seseorang akan selamat dari hal-hal yang dilarang Al lah jika ia terpuruk dalam sebuah takdir yang kurang ba ik. Begitu pula sabar juga akan menyelamatkan seseorang dari tindakan maksiat jika ia berada dalam gemerlap dunia yang dimiliki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar